16 January 2008

Tubuh Manusia Bisa Isi Ulang Baterai?

Selasa, 15/01/2008 14:10 WIB
Tubuh Manusia Bisa Isi Ulang Baterai?
Fino Yurio Kristo - detikinet


Panas Tubuh (scienceimage)


Berkeley - Sebuah metode baru yang efisien ditemukan dalam proses mengubah energi panas menjadi daya listrik. Nantinya, panas tubuh manusia kemungkinan juga bisa diubah menjadi energi listrik untuk mengisi ulang baterai gadget.

Adalah para peneliti di University of California at Berkeley, Amerika Serikat yang mengungkapkan penemuan dengan teknologi nano tersebut. Mereka mempublikasikan temuannya itu di jurnal 'Nature' yang diterbitkan 10 Januari 2008 lalu.

Memakai kabel silikon yang diproses dengan prosedur bernama 'electroless etching', para ilmuwan tersebut mampu mendayagunakan termo-elektris di permukaan kabel nano. Meski para peneliti dari Universitas Berkeley ini tak menjelaskan secara detail bagaimana prosesnya, mereka berani memastikan bahwa metode ini bekerja dengan baik.

Disebutkan, pengembangan teknologi itu membawa berbagai kemungkinan menarik. Misalnya saja, diciptakannya sebuah jaket pengumpul panas tubuh manusia untuk mengisi ulang baterai ponsel. Hanya saja, seperti dikutip detikINET dari Gizmodo, Selasa (15/1/2008), masih dibutuhkan waktu lama untuk merealisasikan perangkat seperti itu. ( fyk / fyk )

sumber : detikinet.com

No comments: