05 December 2007

HATI-HATI : Beli Mobil di eBay, Uang Rp 186 Juta Amblas

Rabu, 05/12/2007 10:34 WIB

Beli Mobil di eBay, Uang Rp 186 Juta Amblas

Fransiska Ari Wahyu - detikinet


Kanada - Shaqir Duraj, pembuat roti dari Calgary, Kanada hanya bisa merenungi nasib setelah uangnya sejumlah USD 20.000 (lebih dari Rp 186 juta) amblas gara-gara situs eBay gadungan.

Penyusup telah membajak akun resmi penjual di eBay dan menggunakannya untuk membuat daftar lelang palsu. Sampai 6 minggu setelah Duraj membayar uang USD 20.000, mobil yang diidam-idamkan pun tak kunjung tiba.

Pada saat melakukan transaksi, Duraj tak sedikit pun meragukan reputasi si penjual mobil, karena si penjual memiliki rating tingkat kepuasan konsumen sebesar 98 persen. Namun, rupanya Duraj menjadi korban penipuan. Duraj pun memutuskan untuk melapor ke eBay. Perusahaan ini meminta Duraj menghubungi polisi dan FBI.

Seperti dikutip detikINET dari Theregister, Rabu (5/12/2007), berdasarkan data RCMP (Royal Canadian Mounted Police), Duraj adalah satu dari 1.000 orang Kanada yang tertipu sejak tahun 2000. Virus Trojan yang disusupkan telah menyebabkan browser menampilkan halaman palsu eBay.

Pihak eBay memberikan garansi untuk pembayaran hingga USD 20.000, tapi dengan syarat transaksi berlangsung di situs. Sementara di kasus Duraj, pria ini melakukan pembayaran via wesel, sehingga tidak bisa memperoleh jaminan. Pihak eBay mengimbau pelanggan untuk menggunakan sistem pembayaran PayPal (sistem pembayaran via internet) ketika melakukan transaksi pembelian. ( dwn / dwn )

 

No comments: