22 November 2007

Hati-hati dg Visa Card

Saya punya pengalaman yg kurang menyenangkan dg card yg berlogo Visa (Mandiri Visa Electron). Pada Lebaran kedua tahun ini (2007) saya berbelanja di ITC Carrefour Depok, setelah selesai belanja saya menuju ke kasir . Pada saat itu sekitar jam +- 21.30. dan setelah dihitung belanja saya sebesar 301.240.

Saya mengeluarkan ATM Mandiri Visa (debit Mandiri), lalu di gesek oleh kasir dan dimasukkan jumlah nominalnya....ternyata gagal, lalu dicoba sekali lagi ternyata gagal lagi. Saya tidak menaruh curiga sama sekali. Akhirnya kasir itu pindah ke alat lain, dan berhasil. Saya terima bukti pembayarannya dan pulang.

Keesokan harinya saya menuju DTC Depok ke anjungan ATM Mandiri untuk mengambil uang cash, ternyata setelah saya lihat saldo yang tersisa kok berkurang sekitar 600 ribu lebih. Lalu saya telpon hotline Mandiri dan setelah di cek ternyata memang ada pendebetan sebesar Rp. 301.240 sebanyak 3 kali. Lalu saya jelaskan duduk perkaranya dan disarankan ke Bank Mandiri langsung.

Selang beberapa hari kemudian saya pergi ke Bank Mandiri Panglima Polim dan membawa bukti belanja dang mengisi form. Setelah ngomong panjang lebar uang akan kembali paling lama 45 hari.

Yang perlu diperhatikan adalah :
================================
1. Perhatikan kasir pada saat memasukkan nilai nominal dan perhatikan pula progress pada merchant tersebut. Apabila sudah dimasukkan nilai nominalnya dan sudah di ENTER (send) ternyata GAGAL (fail), jangan sekali-kali mengulangi, check dulu saldo Anda.
Karena kemingkinan besar uang Anda sudah terdebet tetapi reply balik dari server ke merchant tersebut gagal (atau time-out)jadi dianggap "GAGAL", padahal sudah terdebet.
Bagi nasabah yang sudah terkoneksi account banknya dengan Handphone (mobile banking)akan lebih mudah melakukan pengecekan saldo daripada yang belum. Saran saya lakukan registrasi ke bank Anda untuk melakukan mengaktifkan ini.

2. Usahakan Card/Credit Card yang mau digesek sama dengan merchant electronic Bank tersebut krn apabila hal ini terjadi proses hanya memakan waktu 14 hari.
Misalnya : Card Mandiri ----- Merchant bank Mandiri, dsb.

3. Kejadian ini bisa terjadi pada siapa saja dan pada semua bank yang berlogo VISA (baik VISA ELECTRON / CARD CREDIT VISA) jadi tidak hanya pada Bank Mandiri saja. Yang saya herankan kok VISA Card belum mempunyai jurus untuk mengatasi traffic network di sistem IT nya atau apa ya...???? Karena ini sudah sering terjadi pada nasabah-nasabah yang lain (sering-sering baca detik.com).

Semoga bermanfaat..........

No comments: