29 August 2008

Google Ungkap Kemampuan Tersembunyi Sapi


Jerman - Aplikasi besutan Google yakni Google Earth kembali jadi bahan perbincangan. Kali ini, ilmuwan Jerman memberi kredit khusus pada aplikasi gratis itu karena perannya yang penting dalam mengungkap penemuan baru tentang binatang sapi.

Persisnya, seperti dilansir VNunet dan dikutip detikINET, Kamis (28/8/2008), para peneliti dari University of Duisburg-Essen tersebut memakai Google Earth untuk meneliti kumpulan sapi di seluruh dunia. Hasil penelitian dipublikasikan di jurnal National Academy of Scientist.

Via Google Earth, terungkap bahwa pada umumnya, sapi senang menghadap ke utara dengan inisiatif sendiri. Artinya, mereka punya semacam kompas internal sehingga bisa tahu arah utara secara otomatis dengan melacak medan magnet bumi.

Dari 8510 sapi yang diobservasi di Google, dua pertiga berbaris menghadap ke utara ketika merumput atau beristirahat. Memang, spesies tertentu seperti burung juga punya kemampuan menentukan arah. Namun inilah pertama kalinya terungkap kemampuan ini dimiliki juga oleh mamalia besar.

Bukan kali ini saja Google Earth membantu para ilmuwan dan akademisi meneliti berbagai fenomena. Misalnya saja, layanan online ini dimanfaatkan juga untuk mengobservasi perubahan iklim dunia.

_______
source:
http://www.detikinet.com/read/2008/08/28/115214/996118/398/
google-ungkap-kemampuan-tersembunyi-sapi